Skip to content

Resensi Buku “EVOLUSI KEBUDAYAAN” Karya: Eko Wijayanto

Maret 12, 2012

Buku ini merupakan buku pengetahuan umum yang berisi penjelasan dari kondisi sosial budaya manusia dalam perspektif Darwinian. Ini merupakan buku yang baru diterbitkan tahun 2010. Sehingga belum ada prestasi signifikan yang diraih buku ini. Namun, penulisnya  Eko Wijayanto merupakan lulusan Fakultas Hukum Universitas Indonesiadan Fakultas Ilmu Budaya jurusan Ilmu Filsafat pada tahun 2000 dan 2004. Beliau adalah seorang yang memiliki prestasi lain yang signifikan. Yaitu, menulis beberapa karya ilmiah seperti Narasi Al Quran tentang Figur Yesus, Aspek Filosofis dan Teologis di Balik Film The Matrix, dan lain-lain.

Buku ini terdiri dari enam belas bab dan dibagi menjadi dua bagian besar. Bagian yang pertama berisi tentang “Darwin dan Teorinya” terdiri dari enam bab. Bab pertama membahas tentang “Skeptisme Darwinian”  yang berisi pengantar sejarah Darwin. Karena, sebelum membaca karya mengenai perspektif Darwinian maka kita harus mengetahui dulu latar belakang pencipta aliran ini. Bab kedua membahas mengenai “Masa Muda Darwin”. Intinya, bagaimana kehidupan orang Inggris pada era Victoria. Lalu, bab ketiga membahas tentang perspektif terhadap “Orang-orang Barbar dan Primitif”. Bab ini mengulas bahwa setiap masyarakat mempunyai inti dari kehidupan yang beradab, bahkan pada suku barbar sekalipun. Bab empat merupakan penjelasan tentang masa kejayaan Darwin. Bab ini juga mengulas bagaimana cara-cara Darwin untuk hidup semestinya dalam masa kejayaannya. Lalu, bab kelima tentang ”Tertundanya Teori Darwin” yang  merupakan penjelasan mengenai masa kritis dalam karier Darwin dan bagaimana cara ia menjalaninya. Lalu, bab enam yang mengenai “Pernikahan Darwin” juga menjelaskan bagaimana ia hidup untuk menjalani bahtera kehidupannya yang baru.

Pada bagian kedua berisi tentang “Perspektif Darwinian”. Bagian ini terdiri dari sepuluh bab. Di mulai dari bab tujuh sampai bab enam belas. Bab tujuh tentang “Kekerabatan dalam Perspektif Darwin” merupakan awal dari penjelasan bagian kedua “Perspektif Darwinian”. Bab ini mengulas tentang seberapa besar pengaruh gen dalam kekerabatan. Bab delapan mengenai “Altruisme” yang merupakan hubungan timbal balik sesama manusia. Bab sembilan mengenai “Seleksi Seksual”, apa kriteria pejantan maupun betina dalam mencari pasangan dibahas disini. Bab sepuluh tentang “Determinisme dan Moral”, bagaimana proses seleksi seksual berikut penjelasannya dengan sosiobiologi. Bab sebelas “Hati Nurani Darwin”. Apakah seorang Darwin memiliki hati nurani? Bagaimana dengan orang-orang yang mendukung maupun yang tidak mendukungnya? Bab dua belas tentang “Pasar Perkawinan” membahas tentang poligami dan monogami. Bab tiga belas tentang “Status Sosial” membahas betapa pentingnya status bagi makhluk hidup, bahkan bagi simpanse sekalipun. Bab empat belas “Penipuan Diri”. Mengapa manusia cenderung menipu diri sendiri hanya agar terlihat baik di mata manusia lain akan dibahas disini. Bab kelima belas berisi tentang “Pentingnya Peranan Darwin dalam Ilmu Pengatahuan”. Bab terakhir mengenai “Darwinisme Universal”  berisi tentang tokoh-tokoh penganut Darwinisme dan penjelasannya yang mudah dicerna namun juga tidak merusak tata bahasa laras ilmiah.

Buku ini bernilai sejarah yang sangat penting bagi ilmu pengetahuan masa kini. Selain buku ini sangat menarik untuk dibaca dan sangat cocok dibaca untuk kalangan terpelajar seperti mahasiswa, siswa SLTA, maupun masyarakat umum. Gaya penulisannya terbilang simpel  dan mudah dimengerti. Namun, sekali lagi, Eko Wijayanto sekali-kali tidak mengurangi etika ilmiah  dalam konteks ini. Buku ini tetap menjadi buku ilmiah yang memiliki laras ilmiah. Lalu, buku ini merupakan buku. Intinya, buku ini ditujukan sebagai dasar untuk mereka semua yang ingin benar-benar mengerti tentang teori Darwin.

From → Review

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: