Skip to content

MULTIKULTURAL MASYARAKAT INDONESIA

Desember 30, 2011

Indonesia adalah salah satu negara multikulural terbesar di dunia, ini terlihat dari geografis Indonesia yang begitu luas dengan masyarakatnya yang begitu beraneka ragam, dilihat dari agama, etnik, suku, budaya, bahasa dan lain sebagainya.

Sehingga dapat dikatakan bahwa masyarakat Indonesia merupakan masyarakat yang majemuk, yaitu masyarakat yang terdiri dari berbagai kelompok yang memiliki budaya yang berbeda satu sama lain. Setiap kelompok tersebut mempunyai kepentingan yang berbeda pula. Dalam sudut pandang politik, dengan adanya kemajemukan masyarakat, maka memungkinkan terjadinya persaingan kelompok-kelompok kepentingan untuk memperjuangkan agar kebijakan yang mereka kehendaki dapat dijadikan keputusan politik oleh pemerintah. Persaingan tersebut harusnya dapat menghindari terjadinya dominasi politik oleh suatu kelompok, walaupun pada kenyataannya keputusan politik pemerintah biasanya lebih dipengaruhi oleh kelompok mayoritas yang sudah terorganisasi dengan baik, sehingga ada kelompok minoritas yang terpinggirkan dan merasa ada ketidakadilan.

Dari masalah persaingan antar kelompok diatas, pemerintah mempunyai peranan yang penting, yaitu sebagai penengah agar persaingan tersebut tetap sehat, dan pemerintah harus tanggap terhadap kepentingan-kepentingan yang ada sehingga tidak ada lagi kelompok masyarakat yang terpinggirkan dan merasa ada ketidakadilan. Selain peranan pemerintah, perlu adanya pandangan multikuluralisme, yang pada dasarnya merupakan pandangan yang menyatakan bahwa berbagai kebijakan harus menekankan tentang penerimaan dan saling menghargai realitas keragaman, pluralitas, dan multikultural yang terdapat dalam kehidupan masyarakat, sehingga dapat mewujudkan cita-cita untuk mengembangkan semangat kebangsaan yang sama dan mempunyai kebanggaan untuk mempertahankan kemajemukan yang ada. Pandangan multikulturalisme ini terwujud dalam semboyan negara Indonesia yaitu Bhineka Tunggal Ika.

 

Daftar Pustaka:

Mubarak, Zakky, Husmiaty Hasyim, Ismala Dewi, dan Ari Harsono. 2010. Manusia Akhlak, Budi Pekerti dan Masyarakat. Jakarta: Badan Penerbit Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

From → MPKT

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: